Purwakarta

Update Covid-19 Pemkab Purwakarta: Rapid Test Pada 73 Warga dan Tenaga Medis, Hasilnya Negatif

PURWAKARTA – Hingga hari ini, Kamis 2 April 2020, sebanyak 73 warga dan tenaga medis pada sejumlah rumah sakit telah menjalani Rapid Test yang dilakukan Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Covid-19 Kabupaten Purwakarta. Dan semuanya dinyatakan negatif.

Demikian disampaikan Perwakilan Satgassus Covid-19 Purwakarta yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pureakarta, dr. Deni Darmawan pada rilis update perkembangan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Purwakarta, di Gedung Negara Pemkab Purwakarta, Kamis (2/4/2020).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta itu, secara teknis jika warga ingin melakukan rapid test agar mengisi data pada aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi Wabah Penyakit dan Bencana Jawa Barat (Pikobar).

“Isi data dalam form aplikasi tersebut, identitas lengkap dan lain-lain, nanti akan terintegrasi. Jika sudah lengkap nanti ada pemberitahuan dan tinggal diperiksa di Posko Covid-19 di Dinas Kesehatan,” kata dr. Deni.

Selain itu Satgassus juga merinci jumlah ODP, PDP dan warga yang terkonfirmasi positif di Wilayah Kabupaten  Purwakarta. Hingga, hari ini tercatat sebanyak 187 Orang Dalam Pemantauan (ODP), untuk Pasien Dalam Pengawasan berkurang menjadi hanya berjumlah 3 orang dan yang positif 2 orang.

“Ada pengurangan pada jumlah PDP yang dinyatakan negatif, termasuk salahsatunya yang PDP dari Kecamatan Tegalwaru,” imbuh Perwakilan Satgassus Covid-29 Kabupaten Purwakarta, dr. Deni Darmawan.

Purwakarta Masih Relatif Aman

Sebagai catatan, Satgassus Covid-19 Purwakarta juga menyatakan, saat ini kondisi Purwakarta relatif aman, belum masuk zona merah maupun transmisi lokal penyebaran Covid-19.

Sejumlah langkah-langkah preventif dilakukan otoritas untuk pencegahan penyebaran Covid-19 diantaranya, Dinas Kesehatan Purwakarta melakukan testing (pemeriksaan dan tracing (pelacakan) bagi kontak erat dengan PDP.

Juga dilakukan pengetatan arus lalulintas memasuki wilayah perkotaan Purwakarta, yaitu penutupan Jalan Veteran hingga Jalan RE Martadinata mulai pukul 19.00-24.00 Wib.

Kemudian, menertibkan pedagang di sepanjang Jalan Veteran (Taman Pembaharuan) – Sudirman hingga ke Jalan RE Martadinata (Pertigaan Suryo).

“Kita juga tetap melakukan desinfeksi fasilitas umum dan pemukiman oleh DPKPB dan masyarakat. Dan masyarakat diminta tetap melakukan physical distancing (jaga jarak) agar tetap aman terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya.

Menutup, dr. Deni Darmawan mengatakan, selain kepada para tenaga medis, ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah maksimal berandil dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

 (Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.