Tati Mistati S,Psi : Kesulitan Mengingat yang Telah Berlalu Dalam Waktu Cukup Lama Adalah Hal yang Normal Dalam Proses Penuaan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bogor, Jabarexposeraya – Tati Mistati S,Psi konselor dibidang pendidikan, anak anak dan remaja dihadirkan dalam acara Upself Indonesia dalam sebuah program webinar kesehatan mental bernama Upself Talk.

Acara itu dilakukan Sabtu (1/8/20) dari pukul 10.00 Wib sampai 12.00 secara Live Google Meet, di Bojong Gede Kabupaten Bogor Jawa Barat. Acara ini diikuti para Mahasiswa Daring online.

Pada acara tersebut Mistati membahas tema Managing short and long term memory.

Menurutnya, memori jangka panjang, bagaimana menyimpan pengetahuan yang lebih melekat secara sistematis terutama ingatan jangka panjang.

Hilangnya ingatan jangka panjang, kata dia, ketika kesulitan mengingat yang telah berlalu dalam waktu cukup lama.

“Ini banyak terjadi pada sebagian orang seiring bertambahnya usia, artinya proses yang normal dari penuaan.

Akan tetapi, lanjut dia hilangnya memori jangka panjang juga bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius,seperti demensia.

Penyebabnya, tambah dia, bisa karena stres, depresi, kurang vitamin hingga Hidrosefalus.

Sedangkan memori jangka pendek, tambahnya yaitu memori kerja yang berfungsi menyimpan informasi untuk sementara dalam jumlah yang terbatas. “Memori jangka pendek adalah informasi yang di pikirkan saat ini atau disadari oleh seseorang, ini juga disebut dengan memori primer atau aktif” katanya.

Peristiwa terbaru dan sensorik seperti suara disimpan dalam memori jangka pendek

Memori jangka pendek sering mencakup peristiwa selama periode mana saja dari 30 detik hingga beberapa hari.(Ahmad Rohani /01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.