42 Pekerja Tempat Hiburan di Cilacap Jalani pemeriksaan HIV/Aids

CILACAP -Jabarexposraya.com – Sebanyak 42 pekerja tempat hiburan di salah satu tempat hiburan di Cilacap, Jawa Tengah, tepatnya di Paradiso Lounge and Karaoke, Cilacap menjalani test pemeriksaan HIV/Aids, Senin (20/6/2022).

Pemeriksaan dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap melalui Mobile VCT dengan menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup dan tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Cilacap Tengah.

Sub Koordinator Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Cilacap, Hutomo Eko Prasetyo mengatakan, test dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian HIV/Aids khususnya di tempat hiburan di Cilacap.

Dalam kesempatan itu, puluhan orang terdiri dari Staf, karyawan beserta LC dilakukan pemeriksaan HIV/Aids dengan mengambil sampel darah masing-masing.

“Untuk kegiatan hari ini kita mendapat pemeriksaan sejumlah 42 sampel dan selanjutnya akan dilakukan uji di laboratorium. Untuk hasilnya nanti akan kita analisa lebih lanjut. Kalau ada yang reaktif HIV/Aids kita lakukan konseling dan pengobatan lebih lanjut,” bebernya.

Lebih lanjut, disampaikannya, bahwa kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan sasaran tempat hiburan seperti karaoke, panti pijat atau spa dan tempat lokalisasi di wilayah Kabupaten Cilacap.

Pihaknya mengimbau kepada pelaku usaha tempat hiburan untuk menjalankan program pencegahan HIV/Aids yang telah disosialisasikan dan tetap menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Sementara, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lingkungan Hidup, Nawa Nugraha Siwi Bratawan menilai tempat hiburan dinilai sangat beresiko terhadap penularan virus HIV/Aids.

“Oleh karena itu, ini juga sebagai upaya pengamanan, khususnya terhadap pengunjung tempat hiburan dari penyebaran virus HIV/Aids. Harapannya jangan sampai ada temuan,” ujar Nawa.

Selanjutnya, Manager Operasional Paradiso, Cilacap, Agus Irawan menyambut positif adanya kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan.

“Kami sangat mendukung karena ini demi kelangsungan dan kebaikan tempat usaha kami, terutama para karyawan dan kedepan diharapakan kegiatan ini dapat berkelanjutan,” ucapnya.

Nover

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.