Purwakarta

Satlantas Polres Purwakarta Tegur Keras Ribuan Pengendara Motor Yang Langgar Aturan Lalin

PURWAKARTA, jabarexposeraya.com – Memasuki hari kelima Operasi Zebra Lodaya 2022 Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta memberikan teguran keras kepada ribuan pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas saat melintas di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Data yang dihimpun dari petugas di hari kelima operasi zebra ini, sebanyak 1.185 pengendara kendaraan bermotor beraktivitas di wilayah hukum Polres Purwakarta mendapat teguran keras.

penindakan yang dilakukan ini merupakan edukasi untuk menekan angka kasus kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.Sehingga masyarakat khususnya pengendara lebih sadar dan memahami pentingnya mematuhi aturan lalu lintas.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Lantas, AKP Warjo mengatakan, pada operasi zebra pihaknya lebih mengedepankan preventif dan preemtif untuk mewujudkan Kabupaten Purwakarta yang disiplin dan tertib dalam berlalu lintas.

“Teguran itu telah diberikan personel Satlantas Polres Purwakarta kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Mayoritas yang mendapatkan teguran keras dari kami merupakan pengendara sepeda motor yang masih nekat tidak menggunakan helm keselamatan,” ucapnya.

Menurut Warjo, teguran ini akan terus dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2022 kali ini tidak berorientasi pada Gakkum Lantas atau Tilang namun seluruh kegiatan mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan simpati serta kepercayaan masyarakat kepada Polri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” sebutnya.

Pihaknya pun mengimbau kepada pengendara maupun pejalan kaki untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

“Mari wujudkan Kabupaten Purwakarta sebagai daerah aman berlalu lintas. Pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas selain untuk keselamatan diri sendiri juga orang lain,” ucap eks Kasat Samapta Polres Purwakarta itu.

Warjo mengatakan selain teguran pihaknya pun memasang spanduk ataupun baligho imbauan serta menyebarkan ratusan brosur dan stiker untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya budaya tertib berlalu lintas.

“Sosialisasi terkait Operasi Zebra Lodaya 2022 sebagai upaya preventif dan preemtif kami mengajak masyarakat tertib berlalu lintas. Salah satunya dengan pemasangan stiker pada kendaraan dan pembagian pamflet kepada pengendara. Melalui sosialisasi yang dilakukan diharapkan masyarakat dapat tertib dan disiplin berlalu lintas. Dengan tertib berlalu lintas harapannya bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya.

(Boy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.