PendidikanPurwakarta

Ingin Para Orang Tua Husnul Khatimah, Ponpes Al-Muhajirin Akan Buka Pesantren  Lansia

PURWAKARTA  – Ketua Yayasan Al Muhajirin Purwakarta, Ifa Faizah Rohmah berencana akan mendirikan sebuah pesantren lansia di Purwakarta, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Kampus 5, Kecamatan Wanayasa Purwakarta.

Ifa Faizah Rohmah mengaku pesantren lansia di Purwakarta ini juga dibantu Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Ifa Faizah Rohmah mengatakan, kini pihaknya tengah mengalokasikan anggaran untuk membuat akomodasi yang nantinya akan dihuni peserta pesantren lansia di Purwakarta.

“Kalau bangunan masjid sudah ada, jadi sekarang melengkapi apa yang jadi kebutuhan pesantren lansia ini,” ungkap Ifa Faizah Rohmah.

Pesantren lansia di Purwakarta ini bisa dikatakan yang pertama kali ada di kota yang dijuluki Kota Pensiun itu.

Ifa Faizah Rohmah mengatakan, tujuan pesantren lansia di Purwakarta ini sebetulnya untuk membimbing para sepuh agar husnul khotimah. Namun, untuk pesantren ini tidak ada pendidikan formal.

Ifa Faizah Rohmah menolak jika pesantren lansia di Purwakarta ini disamakan dengan panti jompo. Ikhwalnya, di panti jompo tidak ada pembinaan khusus, seperti ilmu agama sehingga mereka bisa semakin khsuyuk dalam beribadah.

“Kami juga tidak mau menjauhkan para lansia ini dengan keluarganya, karena itu keluarga juga harus ada. Setiap akhir pekan anak-anak mereka harus menjemput orang tuanya di pesantren ini,” urai Ifa Faizah Rohmah.

Tujuannya, sambung dia, agar orang tua ini tetap ada di pangkuan anak-anak mereka. Sehingga tidak menghilangkan waktu dan kasih sayang mereka kepada orangtuanya.”Jadi ini modelnya bukan seperti panti, lebih karantina,” kata dia.

Berbicara tentang kegiatan yang akan dilakukan para warga pesantren, kata Ifa, dimulai dengan zikir bersama sampai salat duha di pagi hari. Kemudian dilanjutkan dengan olahraga, bercocok tanam dan kegiatan positif lainnya.

Kendati begitu, Ifa Faizah Rohmah mengatakan, pesantren lansia di Purwakarta ini tidak bisa menerima orang tua yang dalam kondisi menderita penyakit serius, seperti stroke, alzheimer dan penyakit serius lainnya. “Kalau ada yang mendampingi tidak apa apa,” sebutnya.

Ifa Faizah Rohmah juga menyebutkan, pesantren lansia di Purwakarta ini kemungkinan sudah bisa dioperasionalkan tahun depan, begitu semua fasilitas penunjangnya sudah selesai dibangun. “InsyaAllah tahun depan sudah bisa dibuka,” tandas dia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.